Great Lives @ J-Music

Sejujurnya harus diakui bahwa saya masih seorang J-music lover amatir, baru benar-benar mendalami dari tahun 2010/2011-an dan sampai sekarang pun hanya paham beberapa band secara parsial. Artikel kecil ini ialah cerita kecil mengenai salah satu alasan utama saya jatuh cinta pada j-music di era 2010/2011 itu : live performances-nya.

o3

Pertunjukan musik live di Jepang cukup berbeda dengan live di Indonesia atau Barat. Poin utama pembedanya (dan yang paling terlihat) adalah crowd wildness XD Live di Indonesia, Barat, atau di tempat lain cenderung semakin liar bila genre musiknya semakin keras. Seliar-liarnya, hahaha. Di Jepang, kecenderungan ini nyaris tidak ada karena live culture di Jepang cukup sopan. Untuk para penggemar musik di Jepang yang menjadi nomor satu di konser ialah musik, dan bukan crowd or party wildness. Tentu saja bukannya konsernya jadi garing atau crowd-nya jadi tidak responsif. Interaksi dan gerak badan tentu saja diperbolehkan namun tidak berlebihan dan tidak sampai saling mengganggu antar penonton.

lp_5__DSC1580_590
Sepertinya saya jadi ngelantur, haha. Maksud saya menulis ini hanyalah untuk membagikan beberapa video epic live perfs dari beberapa band/solo act j-music. Jadikan saja penjelasan panjang di atas sebagai sekilas info 🙂

1.yui – tokyo

Video ini merupakan salah satu video pertama yang membawa saya menjadi penyuka yui dan akhirnya juga j-music.
2.ikimono gakari – kirari

Banyak video live Ikimono lain yang bagus, namun saya pilihkan ini karena paling baru (2016) dan merupakan highlights di konser mereka saat itu.
3.mr children – kuchibue

Misuchiru dan people power ….
4.kalafina – i have a dream

Banyak sekali live kalafina yang memesona, namun kesempurnaan live ini sulit dicari bandingannya. Keiko juga terlihat sangat cantik di sini XD
5.one ok rock – no scared

Karena tiap orang perlu mengenal OOR dan karena list ini butuh setruman rock.

Tentu saja masih banyak lagi live keren dari acts di atas, yang saya sebutkan di atas hanyalah trailer saja. Cobalah cari di youtube, masih banyak lagi live dari mereka yang patut dikoleksi. Selain 5 acts itu masih banyak band/grup/solois lain yang wajib diburu penampilannya, contohnya wagakki band (misalnya dalam zenbonsakura), sukima switch (misalnya boku note), sekai no owari (misalnya starlight parade); atau live dalam bentuk atau level yang sangat berbeda semacam Perfume live (misalnya di Spending All My Time) atau media play Flower flower di Tsuki. Seperti biasa, jika ada penyanyi favorit teman-teman yang belum saya sebutkan, bisa tambahkan di komen di bawah, mungkin saja jika super epic akan saya tambahkan di list di atas dan di list hati saya. 🙂

One thought on “Great Lives @ J-Music

Leave a Reply

