[Album Review] Just Bring it, BAND-MAID!!!

BAND-MAID_JustBringIt_web[1].jpg

Judul: Just Bring It

Artis: Band-Maid

Genre: Heavy Metal, Hard-Rock.

Tracklist:

  1. Don’t You Tell Me (Miku, Saiki)
  2. PUZZLE (Miku)
  3. Moratorium (Miku)
  4. YOLO (Miku)
  5. Cross (Miku, Nora)
  6. OOParts (Endcape)
  7. Take Me Higher!!! (Miku, Saiki)
  8. So, What? (Sasaki Miwa)
  9. Time (Miku)
  10. You (Miku)
  11. Awkward (Miku)
  12. Decided by Myself (Miku, Saiki)
  13. Secret My Lips (Miku)

Label: Crown Stones

Band-Maid is back, masters and princess!!! Band yang digawangi oleh Atsumi Saiki (vokal), Kobato  Miku (gitar/ vokal), Touno Kanami (lead guitar) MISA (bass), dan Hirose Akane (drum) ini kembali dengan album debut major label mereka, “Just Bring It”. Band yang menggabungkan outfit imut dan musik keras ini menjadi salah satu band favorit saya setelah melihat ulasan tentang mereka di Tokyo Girls’ Update. Imej yang unik, kemampuan di atas rata-rata, dan musikalitas yang keras tapi catchy membuat saya selalu memantau rilisan mereka yang kualitasnya konsisten naik.

Album ini merupakan upaya pertama mereka di major label setelah dipinang oleh Crown Stones, setelah sebelumnya merilis dua album indie label (Maid in Japan dan Brand New Maid). Band-Maid mempunyai kemampuan di atas rata-rata, dalam arti kemampuan para personilnya sangat terlihat dalam setiap track. Tidak hanya itu mereka juga memiliki kemampuan aransemen dan mencipta lagu. Bagi saya, itu sudah memenuhi semua centang kategori band ideal yang akan saya dengarkan.

Kembali ke album, singkatnya album ini adalah album yang solid. Sejak awal Band-Maid sudah menghentak telinga dan kalbu dengan track “Don’t You Tell Me”. Cabikan bass Misa dan dentuman drum Akane menghujam telinga sejak detik pertama. Kanami dan Miku memberi sentuhan unik dengan riff ala alternative rock di lagu ini. Energi para gadis ini seakan tidak ada berhentinya hingga setidaknya empat track selanjutnya, termasuk di track “YOLO” yang sudah pernah dirilis sebelumnya

Mengingat Just Bring It adalah album yang kebanyakan diaransemen dan dibuat sendiri oleh Band-Maid maka jangan heran jika ada semacam satu kesatuan dari awal hingga akhir. Skill terbaik para member semuanya dikerahkan untuk membuat album ini menjadi album yang solid dan, bagi saya… salah satu album terbaik di kancah musik Jepang di tahun 2017.

Tapi seperti kata pepatah, tiada gading yang tak retak. Begitu juga album ini bukannya tanpa flaws-nya. Struktur yang terlalu solid, misalnya, membuat beberapa track seperti blend together satu dengan yang lain. Saya pun mendapati beberapa kali “dipaksa” memencet tombol next di perangkat Walkman yang saya gunakan untuk memutar album ini. Terutama di tracks pertengahan seperti “Ooparts” “Time” (yang terdengar lebih seperti J-Pop dibanding heavy metal), dan “Awkward” (yang beneran Awkward karena penempatannya). Untunglah dua track terakhir mengembalikan album ini ke jalurnya. Salah satu dari dua lagu apik penutup tersebut adalah closing track “Secret My Lips”.

Singkat kata, Just Bring It merupakan album solid yang layak dicoba. Saya pun akan menanti rilisan band ini berikutnya dengan penuh semangat.

Rating: 4/5.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s