A Life – Let’s Save a Live

Screenshot (106)

A Life Itoshiki Hito (2017, 10 episode)

Genre : Romance, Medical

Cast : Kimura Takuya, Takeuchi Yuko, Asano Tadanobu, Matsuyama Kenichi, Kimura Fumino, Nanao

Perhatian!

Perhatikan baik-baik di bagian genre tulisan romance saya coret! Dorama A Life murni drama medis dengan sentuhan human drama. Penegasan ini perlu supaya tidak ada yang merasa dikecewakan karena melihat reuni pasangan Pride tapi tidak ada romancenya. Saya jamin banyak yang nge-ship pasangan Pride (saya tidak termasuk) atau bahkan pasangan lainnya tapi percayalah dengan menganggap tidak ada romance, dorama ini akan lebih nyaman ditonton.

Review ini adalah tanpa spoiler, karena spoiler utama sudah saya berikan di atas yaitu romance.

Screenshot (107)

A Life bisa dibilang sebuah big project tahunan dari stasiun TBS. Mengapa? Karena para stafnya memang biasa mengerjakan big project. Directornya pernah mengerjakan JIN, Tonbi, dan Tenno no Ryoriban (must watch). Screenwriternya cukup berpengalaman di Osozaki no Himawari, dan Freeter. Lalu lihat deretan pemerannya, semuanya sudah berpengalaman bahkan ada veteran J-Movie yaitu Asano Tadanobu sebagai tokoh antagonisnya.

Screenshot (113)

Jujur pada awal keluarnya informasi dorama ini, saya sangat excited namun juga pesimis. Excited karena bisa melihat Kimura Takuya lagi, apalagi dipasangkan dengan Takeuchi Yuko, pesimis karena sinopsis ceritanya yang biasa saja. Apalagi waktu itu ada informasi grup SMAP akan bubar (dan bubar beneran) dan dorama A Life dianggap menjadi pelarian Kimura Takuya untuk menaikkan lagi pamornya. Deretan pemeran yang cukup ternama juga ditakutkan hanya mengekor di belakang Kimura Takuya, yang berarti sia-sia saja merekrut mereka karena pemain kelas dua saja juga sudah cukup jika hanya sebagai pengekor.

Screenshot (109)

SexyBeautiful mistress

Episode pilot pun tayang, lalu setelah beberapa episode akhirnya saya simpulkan dorama A Life sedikit melebihi ekspektasi awal saya. Kekhawatiran pada pemeran pendamping yang hanya mengekor Kimura Takuya tidak terjadi, di luar dugaan screentime mereka hampir rata, walau tentu Kimura Takuya sebagai lead mendapatkan screentime sedikit lebih banyak. Karakter para tokohnya juga cukup bervariasi, ada Kimura Fumino sebagai Shibata Yuki, seorang perawat yang ‘tsundere‘. Ada Matsuyama Kenichi sebagai Igawa Sota, seorang dokter bedah yang overconfident. Karakter Danjo Masao diperankan Asano Tadanobu yang sangat ekspresif dan licik. Favorit saya adalah Matsuyama Kenichi, tanpa dia dorama ini akan menjadi hambar. Interaksinya dengan karakter-karakter lain (terutama Shibata) selalu layak ditunggu.

Screenshot (112)

Tatapan cemburu

Walau memiliki bintang-bintang terkenal (sampai dijuluki dorama galacticos), sang screenwriter seperti bermain aman dengan cerita yang biasa atau standar di dunia drama medis. Kekuatan akting mereka tentu akhirnya mengangkat dorama ini, namun andai saja jika ceritanya lebih bagus/unik mungkin nilai tonton dorama galacticos ini akan lebih tinggi.

Screenshot (114)

Sekarang keluhan untuk dorama galacticos: Satu, silau! Directornya nggak main-main dengan lighting, terang benderang dari awal sampai akhir, walaupun di akhir-akhir sudah lebih temaram tapi tetap saja masih silau dan terkesan tidak natural. Dua, plot ceritanya, plot yang sangat standar namun tetap saja tidak rapi dan ada beberapa plothole. Tiga, kurang panjang episodenya, saya masih ingin menikmati kelanjutan cerita dari Shibata dan Igawa. Empat, OSTnya dan ending songnya mantap, Still Alive oleh B’Z, namun sayang tidak jelas kapan rilisnya. [hehehe, yang terakhir sebenarnya lebih ke curhatan XD ]

Screenshot (115)

Dorama A Life atau galacticos ini masih layak untuk ditonton, apalagi buat yang kangen melihat akting Kimura Takuya. Dorama ini juga mendapatkan average rating penonton tertinggi untuk musim dingin 2017. Beberapa award pun juga sudah didapat (melalui voting), besok akan saya update award dari Television Drama Academy Award apabila sudah diumumkan pemenangnya.

Subtitle Inggris dapat diambil di sini.

Screenshot (105)

PS: Beredar rumor Kimura Takuya akan membintangi Getsuku pada musim fall 2017!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s