Simply’s SP Picks (bagian 1)

Kidnap-Tour_zpsoqmq9z6q

Ingin menonton sesuatu, tetapi sedang malas menonton banyak episode, atau sedang tidak mood dengan film yang terlalu lama dan berat? Coba saja icip beberapa dorama SP yang ada. Drama SP ialah semacam FTV (film televisi) di Indonesia sini, sebuah drama TV  (biasanya 1 episode, namun kadang juga ada yang 3-5 episode) yang dibuat dengan mendekati standar film. Berikut akan diberikan beberapa SP recommended favorit saya untuk membantu teman-teman menentukan pilihan.

1.Koko ni aru shiawase (2015; Miyamoto Nobuko, Matsuda Shota)

kokoniarushiawase5

Koko ni adalah SP favorit pribadi saya. Berkisah tentang Hiroyuki (Shota) yang galau dengan kehidupannya di Tokyo, lalu mengunjungi Tsuyazaki, kota pelabuhan kecil di pelosok Fukuoka. Di sana dia bertemu dengan Fukuko Hanada, seorang nenek yang selanjutnya perlahan akan mengubah pandangannya mengenai kehidupan dan kebahagiaan.

Koko ni sejatinya bukanlah super drama, dan mungkin bagi kebanyakan orang hanyalah SP prefektural biasa untuk mempromosikan Fukuoka. Tetapi, bagi saya Koko ni ialah SP yang spesial karena kisah hidup Hiroyuki senada dengan saya. Singkatnya SP ini bagai dibuat khusus untuk memberikan beberapa pesan untuk saya. T_T Cobalah tonton, dan telaahlah, apakah teman-teman juga mendapat pelajaran berharga darinya?

2.Umoreru (2014; Kiritani Kenta, Kuninaka Ryoko)

Umoreru

Umoreru ialah SP yang dibuat dari naskah pemenang 6th WOWOW scenario Grand Prix, bergenrekan suspense/mystery dan human drama. Simpelnya, Umoreru menceritakan Toru Kitami, seorang pegawai kantor sipil dalam menghadapi sebuah kasus misterius di daerahnya. Kasus yang melibatkan cinta pertamanya, Yoko Asao (Kuninaka Ryoko) dan keluarga Yoko. SP ini unik karena bagai berganti genre di tengah jalan: Di awal sepertinya SP ini akan mengambil jalur human drama diwarnai romance, namun di tengah drama unsur misteri dan suspense mengambil alih. Seakan tidak puas, penulis menambahkan sebuah twist menarik di akhir drama, sebuah kejutan yang memiliki pesona tersendiri (walau mungkin beberapa penonton akan “eh, lho? Apa maksudnya?” lalu mencari-cari info lagi sebelum akhirnya mengerti sepenuhnya). XD

3.Kimi no te sasayaite iru (1997-2001, 1 episode per tahun; Kanno Miho, Takeda Shinji)

Kimi no te berkisah tentang perjuangan hidup dan kisah cinta Takeda Mieko (Kanno Miho), seorang gadis tuli. Bagi yang sudah menonton dan suka Orange Days pasti bisa meraba bakal bagaimana pembawaan human drama ini. Sebagai big fans Orange Days, awalnya saya ragu akan bisa suka dengan Kimi no te ini. Dan ternyata saya salah, SP tahunan 5 episode ini terbukti sungguh memiliki pesona tersendiri yang berbeda dari Orange Days. Kanno-san benar-benar dapat membawakan peran Mieko secara maksimal serta emosional, lalu format SP tahunan yang progresif (menceritakan Mieko saat pertama menjalin cinta, menikah, awal pernikahan, saat akan melahirkan, dan seterusnya) memberikan SP ini aura yang klasik, calming, syahdu, dan holistik.

4.Sayonara Bokutachi no Youchien (2011; Ashida Mana, Mitsushima Hikari)

image-w448

SP ini dibintangi oleh banyak aktor/aktris cilik, dan inti ceritanya sebenarnya sangat simpel dan cute. Sayonara Bokutachi mengisahkan 5 murid TK (Ashida Mana dan teman-temannya) dan “petualangan” mereka saat naik kereta api untuk mengunjungi seorang sahabat yang dirawat di rumah sakit. Nilai jual utama SP besutan duet Mother (Mizuta Nobuo di sutradara dan Sakamoto Yuji di screenwriter) ini tentu saja adalah kepolosan dan kelucuan tingkah laku kelima anak itu. Sambil mengikuti perjalanan mereka secara halus dan jenaka para penonton diajak becermin, terutama mengenai hubungan antarmanusia dan pilihan benar-salah dalam hidup.

(bersambung ke Simply’s SP Picks – bagian 2)

 

Advertisements

One thought on “Simply’s SP Picks (bagian 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s