Hagoku SP – Prison Break ala Dorama

Hagoku SP Spring Drama 2017

Genre : Crime, Human Drama

Cast : Beat Takeshi, Yamada Takayuki, Yoshida Yo, Mitsushima Hikari, dan lainnya

hagoku_zpsotactcb6

Jepang punya drama tersendiri beraroma Prison Break. Ditayangkan oleh stasiun TV Tokyo sebagai drama SP (spesial) berdurasi dua jam dengan judul Hagoku. Hagoku dibuat lebih ke arah human drama, tanpa action. Kita disuguhi (selain upaya pelarian diri dari penjara) hubungan antara tahanan dengan sipir penjara serta sedikit filosofi mengenai rumah dan kebebasan. Coba lihat deretan pemerannya: Beat Takeshi, Yamada Takayuki, Yoshida Yo, Mitsushima Hikari, semua merupakan aktor papan atas. Mengutip perkataan rekan di J-Lounge IDWS, “Ini adalah SP mahal!”. Well, memang mahal karena kualitas akting mereka tidak perlu diragukan lagi.

Screenshot (98)

Urata-san, seorang kepala sipir yang sangat disegani.

Warning: medium spoiler

Hagoku menceritakan seorang tahanan dengan hukuman seumur hidup Sakuma Seitaro (Yamada Takayuki) yang berhasil melarikan diri dengan memecahkan kaca jendela di penjara Akita. Sakuma kabur karena merasa tidak diperlakukan manusiawi oleh sipir penjara Akita. Dia lalu pergi menemui Urata-san, seorang kepala sipir yang dihormatinya. Di masa silam, di bawah komando Urata-san Sakuma sempat merasakan hidup dihargai sebagai manusia, bukan sekadar sasak tinju seperti di penjara Akita. Tetapi ketika Sakuma menemui Urata-san di rumahnya, dia malah dilaporkan ke polisi, ditangkap kembali dan dijebloskan ke dalam penjara yaitu penjara Abashiri. Di luar dugaan, Urata-san juga kemudian dimutasi ke penjara tempat Sakuma berada.

Screenshot (96)

Urata-san dengan anak perempuannya

Kepindahan Urata-san ke penjara Abashiri diharapkan dapat mengendalikan perilaku Sakuma yang tak terkontrol. Harapan Sakuma akan perlakuan manusiawi Urata-san ternyata tidak dikabulkan oleh sipir lainnya. Sakuma pun melontarkan pernyataan bahwa dia akan kabur dari penjara di bawah kendali Urata-san. Urata-san dalam upayanya untuk mengendalikan Sakuma, membaca data pribadi Sakuma lalu berkunjung ke tempat tinggalnya di Aomori. Di sana Urata-san bertemu dengan istri Sakuma. Pertemuan dengan istri Sakuma, yang awalnya untuk meminta bantuan harus diakhiri dengan tangan kosong. Urata-san tak sampai hati menambah penderitaan dari istri Sakuma.

Screenshot (100)

Penderitaan masing-masing karakter dapat secara langsung kita rasakan. Siapa sangka Urata-san memendam sebuah tragedi besar yang menyedihkan serta membuat renggang hubungannya dengan anak perempuannya. Keinginan Sakuma untuk mendapatkan kembali kebebasannya terukir jelas di wajah penuh deritanya. Begitu juga dengan kepedihan istri Sakuma, yang selalu menunggu kepulangan suaminya, entah sepuluh bahkan lima belas tahun lagi tidak ada yang tahu.

Screenshot (101)

Sutradara dan penulis naskah bekerja sama dengan bagus untuk membentuk sebuah realita berupa kehidupan di penjara. Betapa kebebasan sangat dirindukan oleh para tahanan di dalam penjara. Seperti dorama lainnya, Hagoku juga sarat dengan pesan moral. Kejujuran dan integritas harus selalu dijunjung tinggi, begitu juga dengan komitmen dan tanggung jawab. Bahwa nasib manusia ada di tangan manusia itu sendiri, termasuk kebebasannya, dia sendiri yang menentukan. Bahwa setiap orang mempunyai “rumah” masing-masing sebagai tempat kembali.

Sangat direkomendasikan untuk ditonton. Subtitle Inggris dapat diunduh di sini

Screenshot (104)

King of Jail Breaker

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s