Hiyokko Week 1-2 : Kesan Pertama

17818776_1883018285278841_482160785359896576_n

Hiyokko adalah asadora ke-96 NHK yang sudah lama saya tunggu-tunggu. Kenapa? Tentu karena heroinenya adalah si imut Kasumin alias Arimura Kasumi. Semenjak tampil di Amachan (2013) sebagai Haruko muda karirnya terus menanjak dan akhirnya 2017 ini dia dipercaya menjadi asadora heroine. Cukup khawatir juga sebenarnya karena dari segi kekuatan akting Kasumin mungkin belum sepenuhnya mampu carry sebuah asadora (arguably). Tetapi dukungan-dukungan misalnya dari screenwriter yang bagus (Yoshikazu Okada, sebelumnya menulis asadora Churasan dan Ohisama) dan dari supporting casts yang oke seperti Kimura Yoshino, Sawamura Ikki, Mineta Kazunobu, Yuki Izumisawa, dan Sakuma Yui membuat saya yakin Kasumin akan baik-baik saja.

Week 1 bisa dibilang adalah week perkenalan. Pemirsa dikenalkan pada tempo penceritaan dan aura Hiyokko yang slice of life banget, yang relaxing dan bersahaja. Juga dikenalkan keluarga inti Yatabe Mineko (heroine, pertama muncul sebagai Kelas 3 SMA) yang diperankan Kasumin serta sahabat-sahabat terdekatnya, Mitsuo (Yuki Izumisawa) dan Tokiko (Sakuma Yui). Keluarga Yatabe adalah keluarga petani di kampung kecil di sudut Ibaraki. Sang kepala keluarga, ayah Mineko  — Yatabe Minoru (Sawamura Ikki) — sehari-hari bekerja di Tokyo sebagai buruh bangunan migran, sementara ibu-kakek nya bekerja di ladang . Di rumahnya, Mineko juga masih memiliki 1 adik laki laki dan 1 adik perempuan, Susumu dan Chiyoko. Week pembuka ini menggarisbawahi betapa Minoru dicintai dan selalu dirindukan keluarganya.

o0600042013794994371

Week 1 tentu saja umpan ke week 2 di mana kita memasuki konflik utama: ayah Mineko tiba-tiba hilang!!! Istrinya, ibu Mineko (Kimura Yoshino) awalnya merahasiakan ini kepada Mineko dan dengan panik pergi mencari ke Tokyo. Sementara itu, Mineko dkk sedang sibuk menjalankan rencana mereka menggelar relay obor di kampungnya menyambut Olympiade Tokyo.

Saya pribadi cukup suka dengan 2 week pertama Hiyokko ini. Seperti dua asadora Okada-sensei sebelumnya, Hiyokko ini adalah fiksi murni sehingga pemirsa tidak tahu secara persis plot ke depannya (tentu saja selain yang tertera di sinopsis resmi). Untuk kasus asadora standar yang adaptasi biografi, biasanya di 2-3 week pertama kita sudah mulai melihat awal mimpi dan real passion dari heroine. Di kasus Hiyokko, pemirsa tidak buru-buru diajak mengintip passion dari Mineko, melainkan hanya dibawa menikmati suasana kampungnya, aura persahabatan ketiga sahabat itu, dan aura kedekatan keluarganya. Memang ada sedikit hint untuk profesi masa depan Mineko dengan tampilnya restoran Suzuburitei dan orang-orangnya yang ramah, namun tentu semua itu saat ini masih jauh dari Mineko.

c822b982cd3b638fcc54634369b022bb

Hiyokko bagi saya jelas merupakan salah satu drama ongoing  recommended untuk musim semi 2017 ini. Biarpun ratingnya di Jepang sedikit kecil (sekitar 19% rata-rata, sedikit di bawah Beppin-san), nyatanya asadora ini memiliki aroma asadora bagus sejak awal, setidaknya setingkat Asa ga Kita atau Totonee-chan. Jangan lupa simak openingnya yang sangat apik. Lagunya, well… mungkin terlalu oldies dan kurang greng untuk beberapa orang, tapi animation sequence-nya bagus dan unik.

Advertisements

3 thoughts on “Hiyokko Week 1-2 : Kesan Pertama

  1. Numpang bentar buat nambahin beberapa remarks yak…
    1. Pasangan main Kasumin sudah diumumkan, walau sengaja telat supaya kerasa agak surprise (walau gak kejutan-kejutan banget karena baru Week 3-4 sih), yakni Takeuchi Ryoma. Pemain ini punya bakat alam soal romance dan cepat membangun chemistry dengan lawan mainnya.
    2. Mineko punya satu kakak sulung yang kuliah di Tokyo, jadi sebenarnya empat bersaudara
    3. Koq pipinya Kasumin yang mencapai pinnacle-nya gak dibahas sama sekali???

    Liked by 1 person

    • no.1 … ups. Reply twistnya cukup sampai ini, hahahaha
      no.2 di week 1 week 2 blm disinggung kan?
      no.3 mungkin nanti di week 3-4, sabar ya XD hahahahahha

      Like

      • Gw sih baca di situs resmi sana official bookletnya, kl Mineko punya kakak satu lagi. Tp ya yg main jd kakaknya belum dikasih tahu sih. Mungkin tokohnya Ryoma ini teman kakaknya.

        Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s