Mengapa Jdrama?

Mengapa saya pribadi menyukai jdrama? Mengapa tidak puas hanya dengan west series, atau dengan kebeningan aktor/aktris kdrama 😘 ?

Well, tentu saja jawaban bisa dan sepatutnya berbeda untuk tiap kepala, namun jika pertanyaan itu ditujukan kepada saya, alasan menyukai jdorama dari sekitar tahun 2005-an sampai sekarang adalah sebagai berikut.

1.Pesan moral yang konsisten ditanamkan

Nyaris semua jdorama akan sengaja memasukkan 1-2 pesan moral ke dalam dramanya, baik secara eksplisit dengan preaching (well, kadang agak berlebihan  😜 ) atau secara implisit melalui plot atau melalui simbol-simbol.

2.Memberi pengetahuan mengenai nilai budaya/way of life Jepang

Masih berhubungan juga dengan no.1, pesan moral khas Jepang akan langsung berkelindan dengan way of life/nilai-nilai ala Jepang. Contohnya hubungan antara atasan-bawahan di dalam perusahaan-perusahaan tua yang sudah seperti keluarga (Asa ga kita; Ginnikan). Nilai budaya tentu saja dengan mudah terlihat di misalnya di drama yang mengangkat tema seperti rakugo (Chiritotechin, Tiger and Dragon atau di drama-drama jidaigeki (JIN, atau taiga pada umumnya).

3.Genre yang bervariasi

Mulai dari yang super multi genre seperti Ikebukuro West Gate Park seperti gambar di atas, sampai Kodoku no Gurume yang hanya tentang makan-makan saja tanpa plot 😝 Dari yang action habis-habisan seperti Mozu, hingga yang slice of life syahdu seperti Pan to Soup; dari bubbly-pinky-cutie stuff seperti Itazura na Kiss Love in Tokyo sampai dorama kategori festival dengan kualitas super seperti Mother. Jdrama selalu punya area-area yang akan membuat penikmatnya tertegun. Bahkan kami pun masih kaget terkadang bila melihat drama-drama dengan variasi “aneh” seperti Sono Okodawari atau Watashi no Uchi ni wa, nanimo Nai 😋

4.Masterpieces watching experience

Mungkin tidak untuk semua orang, tapi bagi saya pengalaman mengapresiasi dan menonton dorama-dorama super seperti Soredemo Ikite Yuku, Mother, Orange Days, dan JIN adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Drama-drama masterpiece selalu bagaikan “memanggil” saya untuk berharap-harap cemas di tiap season baru; berharap ada dorama baru yang setidaknya bisa membuat saya merasakan setengah saja sensasi/pengalaman itu  😇

Apakah hanya 4 alasan itu? Tentu saja tidak. Tentu ada alasan-alasan standar seperti spazzing aktor/aktris favorit 💘; ikut tren; atau  tergoda racun teman-teman. Tetapi bagi saya, 4 alasan di atas adalah alasan utama yang membuat jdorama menjadi “beda” (terutama dengan kdrama). Bagaimana dengan teman-teman? Mengapa kalian tertarik menonton jdrama? 😊

2 thoughts on “Mengapa Jdrama?

  1. wah veteran sekali senpai sejak 2005,

    apa ya yang bikin nonton dorama jepang dan bisa awet sampe sekarang? karena imo dorama itu menyentuh kehidupan sehari2, sederhana, bisa jadi mood boster, ga neko2 tapi sering relatable sama kehidupan sehari2

    walaupun sebenarnya sebagian besar karena faktor yg main.. wkwk

    Liked by 1 person

  2. ngga veteran lah, byk yg dr 90’s asli XD

    +1 soal relatable dan ga neko2 …. Bajunya simple dan netral trend. Kt temen yg kdrama viewer bajunya kdrama tu trend bgt, jd klo ud lewat 2-3 th aja kerasa lawas XD

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s