Asadora 101

Apa itu asadora? Asadora, akronim dari asa dorama (= dorama pagi) ialah genre dorama produksi NHK yg bercirikan:

1. Tayang pada pagi hari, pukul 07.45-08.00 atau 08.00-08.15, lima belas menit saja

2. Menceritakan seorang heroine dan perjuangannya mencapai cita-cita;

3. Tayang setiap hari (senin-sabtu), sebanyak 150-156 episode, jadi dalam 1 tahun akan ada 2 asadora

4. Biasanya mengambil setting di suatu daerah tertentu di Jepang, dan menceritakan/menggunakan hal-hal khusus di sana; misal dialek, tradisi, kesenian, profesi tradisional, baju daerah, dan lain lain

Asadora sudah seperti budaya tersendiri di Jepang: orang-orang akan berangkat kerja setelah menengok kelanjutan asadora, lalu mengobrolkannya di kantor. Asadora yang populer, seperti Oshin, Amachan, Gegege, Umechan sensei, dan Ohisama akan menyatukan negara Jepang menjadi pemirsa setia; di mana-mana orang akan menanti episode selanjutnya dan memprediksi kelanjutan ceritanya. Bahkan, efek ekonomi asadora juga amat terasa. Prefektur yang menjadi tuan rumah asadora hampir pasti akan mendapat lonjakan wisatawan domestik: mereka yang ingin mengunjungi langsung lokasi di dalam dorama.

Heroine wanita, apakah artinya asadora untuk cewek atau untuk ibu-ibu saja? Hmm… tunggu dulu. Memang temanya sedikit feminis, namun bukan berarti pasarnya hanya untuk wanita. Dalam kenyataannya, heroine yang diperankan aktris cantik pasti akan menarik pemirsa cowok . Tema feminisnya pun tidak ekstrim dan dapat dinikmati sebagai human/inspirational drama biasa.

156 episode, banyak banget. Downloadnya pasti susah. Hey, jangan patah asa dulu. Coba saja download week 1-2 nya, lalu rasakan vibe-nya. Jika cocok dan sudah suka, maka download akan menjadi tidak terasa.

Masih banyak lagi alasan-alasan untuk menonton/mencoba menonton asadora, misalnya:

1. Asadora (terutama judul-judul baru, di atas 2010) dibuat dengan usaha yang sungguh-sungguh oleh NHK, sebuah proyek besar tahunan, jadi dari OST hingga eksekusi di lapangan akan disiapkan dengan matang. Hasilnya ialah dorama yang setengah atau satu tingkat di atas dorama biasa.

2. Heroine asadora biasanya seorang aktris yang …. ehem cantik

3. Asadora ialah persemaian bibit-bibit baru aktris (dan aktor) dorama. Ishihara Satomi, Yuko Takeuchi, Ryoko Kuninaka, Chizuru Ikewaki, Yuika Motokariya, Miyazaki Aoi, Higa Manami adalah sedikit contoh dari nama-nama yang pernah “menuntut ilmu” dengan menjadi heroine asadora. Masih banyak nama lain yang mungkin cuma nampang menjadi supporting cast, namun segera menjadi wajah terkenal di season-season berikutnya.

4. Asadora selalu kental dengan muatan lokal Jepang yang dapat memberikan kita tambahan pengetahuan bahasa dan budaya

5. Asadora-asadora seperti Amachan, Oshin, dan Gegege ialah milestones dalam sejarah dorama.

Advertisements

One thought on “Asadora 101

  1. Sisi (agak) gelapnya asadora: benar-benar prinsipnya ‘get rich or die trying’. Kalau sukses, bisa benar-benar sukses (bahkan kalau si aktris bijak memilih karier, bisa sangat langgeng dan jadi langganan dorama dan movie high profile dan artistik), tapi kalau gagal karier si pemain bisa benar-benar ambruk. Nggak percaya? Lihat banyak heroine-heroine asadora tahun 2003-2010 (sebelum Gegege no Nyobo), walau sepertinya kegagalan asadora-asadora tersebut lebih karena kurangnya investasi NHK kala itu untuk slot ini (casting pemain supporting terutama orang tua heroine, sutradara, penulis, produser yang kurang mumpuni atau kurang pengalaman).

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s